PELATIHAN MANAJEMEN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan investasi jangka panjang yang berguna
untuk meminimalisasi risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata
publik.
Di Indonesia, CSR merupakan kewajiban hukum yang harus dilaksanakan perusahaan sebagaimana
amanat UU No 40/2007 bab V pasal 74. Sudah saatnya perusahaan-perusahaan di Indonesia menjalankan
CSR dengan sepenuh hati. Dalam pelatihan dua hari ini, para peserta akan dibekali konsep dasar penerapan
CSR, strategi penerapan hingga contoh-contoh dan diskusi kasus.
Di akhir sesi, akan dilatih cara membuat
action plan untuk penerapan program CSR bagi tiap-tiap perusahaan pesertaProgram Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan investasi jangka panjang yang berguna
untuk meminimalisasi risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata
publik.

Materi Pembahasan

1. Introduction:
a. Pengertian Corporate Social Responsibility
(CSR)
b. Alasan perlunya menerapkan CSR
c. Manfaat CSR
d. Hubungan CSR dengan Good Corporate
Governance
2. Pelaksanaan program CSR
a. Prinsip-prinsip dan landasan program CSR
b. Tahapan pelaksanaan program; perencanaan,
implementasi, evaluasi, pelaporan
c. Strategi pelaksanaan; menentukan target
khalayak, bekerjasama dengan media, event
management
d. Antisipasi dan solusi hambatan pelaksanaan
program CSR
3. Bentuk-bentuk program CSR
a. Bidang sosial
b. Bidang ekonomi
c. Bidang lingkungan
4. Diskusi kasus dan pembahasan
5. Action plan program CSR

Target Peserta

Manajer dan staff public relations, corporate
secretary, corporate communications atau
karyawan lain yang menjalankan fungsi public
relations untuk menjaga citra perusahaan dan
produknya.

Jumlah Peserta

Jumlah peserta pelatihan maksimum 5 orang

Metode pelatihan

Pembahasan konsep, diskusi kasus.dan pembuatan
action plan program CSR

Investasi

Rp. 4.300.000,-/peserta
Fasilitas:
Training kits, Sertifikat, coffe break, launch,(biaya belum termasuk akomodasi dan penginapan)

Pemateri

Dr. Feliza Zubair, M.Si
Feliza Zubair, menyelasikan program Doktoral Ilmu Komunikasi di Universitas
Padjadjaran pada tahun 2014 dengan Judul Disertasi Pemahaman Pengusaha
dalam Penerapan CSR oleh PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk” .Aktivitasnya saat
ini, menjadi staf pengajar di Program Sarjana dan Pascasarjana UNPAD, salah satu
mata kuliah yang diampunya adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Etika
Organisasi.
Penulis Buku CSR, PR DAN ETIKA BISNIS (AIPI Bandung, 2016) ini, telah banyak
melakukan penelitian bidang CSR, diantaranya: Tanggapan komunitas tentang CSR UPT Saguling (Tahun
2008), Tanggapan masyarakat tentang Kegiatan CSR PT Bintang Agung (Tahun 2009), Budidaya Energy
Crops Sebagai Kegiatan Shared Value P T. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk di Palimanan, Cirebon
(Tahun 2013).

Komentar :

Posting Komentar